8 Tips Menulis untuk Media Online

8 Tips Menulis untuk Media Online
Tips & Trik Menulis untuk Media Online untuk Menarik Perhatian Pembaca.

MENULIS berita untuk media online --situs berita, blog, media sosial-- ibarat mempromosikan produk di keramaian.

Perhatian pembaca harus segera direbut agar segera membuka halaman situs dan membaca berita yang kita tulis.

Menurut wartawan BBC, Rob Liddle, perhatian pembaca (reader), pengguna (user), atau pengunjung (visitor) harus segera direbut agar segera membuka situs dan membaca berita kita.

Manfaatkan pula keunggulan media online: kemampuan menggabungkan teks dengan audio atau video (multimedia).

Tips Menulis untuk Media Online

Berikut ini beberapa tips menulis di media online dari Liddle sebagaimana diulas BBC Academy.

1. Rebut perhatian
Pembaca media online dikenal sangat ‘tidak setia’. Mereka akan memindai (scan) halaman web dengan cepat akan pindah ke situs lain untuk mengetahui perkembangan berita.

Karenanya, Anda langsung merebut perhatian mereka, secepat mungkin. Saat Anda menyusun berita, bayangkan Anda menulis untuk orang-orang di tempat yang sangat padat dan ramai.

Kalimat-kalimat seperti apa yang cocok untuk mereka? Oleh karena itu paragraf pertama (lead) menjadi sangat vital untuk membuat mereka tidak pindah ke situs berita lain.

2. Judul yang bagus
Pembaca akan memindai halaman depan dan judul yang bagus idealnya mencerminkan isi berita. Ini penting agar mereka tidak akan kecewa ketika mengklik dan membaca berita.

Jika isi berita tidak sesuai dengan judul atau tidak sesuai dengan harapan mereka, mereka bisa langsung menutup halaman berita Anda.

3. Usahakan tidak terlalu panjang
Berita sebisa mungkin pendek karena sulit membaca yang panjang di layar telepon genggam. Ini berbeda dengan media cetak.

Dalam banyak kasus, Anda tak perlu menambahkan banyak latar belakang di berita yang Anda tulis karena latar belakang ada di berita-berita lain dan Anda akan selalu bisa menautkan berita-berita ini bila Anda merasa pembaca menginginkan informasi lebih lanjut.

Jika berita Anda mengandung banyak unsur atau elemen, Anda bisa membaginya menjadi beberapa berita.

4. Lebih hidup dan lebih berwarna
Media elektronik, seperti televisi dan radio, dengan mudah membuat berita menjadi lebih hidup karena wartawan media elektronik menggunakan video dan audio.

Kalau Anda lebih sering memakai format teks, coba menambahkan kutipan dan detil lain untuk membuat berita menjadi lebih hidup dan berwarna.

5. Menulis ulang berita
Isi berita yang Anda tulis harus jelas. Bila Anda punya waktu, pertimbangkan untuk menulis ulang (rewriting) karena dengan menulis ulang Anda mungkin mendapatkan hasil yang lebih baik.

Pastikan pula tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan sebelum diterbitkan. Pembaca tidak akan suka menemukan kesalahan dan mereka mungkin akan mengirim email ke Anda dan menunjukkan kesalahan-kesalahan yang mendasar tersebut.

6. Penampilan berita
Sebagai penulis, Anda mungkin sudah membayangkan susunan atau alur berita yang Anda tulis. Berita yang Anda tulis mungkin sangat menarik, tapi di layar komputer atau telepon genggam, berita Anda akan tampak sebagai susunan beberapa paragraf saja. Ini tentu membosankan.

Maka dari itu gunakan foto yang kuat, grafis berupa data, dan kutipan.

7. Memanfaatkan multimedia
Apakah menulis ratusan kata adalah cara terbaik untuk menyampaikan berita di internet? Mungkin galeri foto, video, atau audio jauh lebih baik dibandingkan teks.

Mungkin berita tentang satu kisah nyata atau refleksi lebih menyentuh misalnya bila digabung dengan audio. Itulah keunggulan media online, kemampuan menggabungkan teks dengan audio atau video.

8. Menganalisis dan membandingkan berita
Cermati bagaimana BBC dan situs-situs berita lain memperlakukan berita. Coba analisis mengapa berita yang sama lebih bagus di satu situs dan biasa-biasa saja di situs lain.

Coba perhatikan dan apa yang menyebabkan berita tersebut lebih bagus. Cari tahu apa yang dicari pembaca di situs berita. Statistik akan membantu Anda mengetahui berita apa saja yang populer dan apa yang tidak. Anda bisa banyak belajar dari sini.

Menulis untuk perangkat mobile

Media Online tidak hanya dibaca di komputer desktop dan laptop/netbook, tapi juga perangkat mobile (HP/Smartphone). Bahkan, penggunaan mobile device untuk mengakses media online atau internet kian meningkat.

Masih dikutip dari BBC Academy, menulis berita untuk perangkat mobile memerlukan keahlian tersendiri.

Kekuatan utama perangkat mobile adalah portabilitas dan fleksibilitas. Tapi Anda juga perlu memahami keterbatasan medium mobile, agar bisa memanfaatkan secara maksimal keunggulan medium ini.

Ukuran layar yang kecil adalah salah satu kelemahan perangkat ini. Oleh karena itu, gaya penulisan berita mau tidak mau harus disesuaikan dengan keterbatasan ini.

1. Makin pendek makin baik
Usahakan berita tidak terlalu panjang. Pikirkan dengan baik struktur berita sebelum Anda menuliskannya. Dengan begitu Anda bisa memilih kata-kata yang sesuai dengan isi berita.

Intinya, untuk perangkat mobile, berita yang Anda tulis harus pendek. Di BBC Indonesia biasanya berita untuk mobile ini terdiri atas 150 kata.

2. Sederhana
Sebagian besar pengguna telepon genggam membaca berita melalui layar kecil. Karenanya, sebaiknya memakai bahasa yang sederhana yang mudah dibaca dan dimengerti.

Kosa kata yang sederhana juga akan membantu, ketika Anda berbicara dengan pembaca global. Pengguna bisa di mana saja --di Afghanistan, Irak, Afrika, Amerika, dll. Mereka semua seharusnya bisa langsung memahami berita yang Anda tulis.

3. Jangan terlalu panjang
Ketika Anda menulis untuk perangkat mobile, makin pendek makin baik. Menulis dengan panjang 20 paragraf atau lebih tidak masalah untuk situs berita dengan pembaca yang mengakses situs berita melalui komputer.

Tapi 20 paragraf akan terlalu panjang untuk dibaca melalui layar telepon genggam yang biasanya berukuran kecil. Jadi:
  • Batasi tiap berita sekitar 150 kata, yang biasanya terdiri dari empat atau lima paragraf pendek
  • Hilangkan kata-kata sifat, kalau memang tidak terlalu diperlukan
  • Pakai singkatan
Teknik sederhana ini akan membantu memperpendek berita-berita yang Anda tulis.

4. Judul berita
Judul berita sebaiknya sederhana tapi juga menarik. Dengan begitu, Anda bisa menarik perhatian pembaca.

Idealnya, untuk judul ini, tak lebih dari 38 karakter. Bila melebihi 38 karakter, judul akan menjadi dua baris di layar telepon genggam.

Anda tentu tidak ingin membuat judul yang terlihat terlalu panjang di layar telepon genggam. Sebagai panduan umum, jika judul Anda sekitar 38 karakter, judul ini tidak akan menjadi dua baris.

Dengan begitu judul ini akan terlihat lebih bagus di layar telepon genggam.

5. SMS berita
Teks yang Anda  tulis kadang juga diterbitkan dalam bentuk SMS berita. Teks ini akan muncul di layar secara otomatis selama beberapa saat.

Tulis teks yang pendek dan sederhana. Di BBC teks dibatasi hanya 140 karakter untuk judul dan ringkasan berita.

Ingat, Anda bisa memperpendek judul dan berita dengan menghilangkan kata sifat dan dengan memakai singkatan.

6. Kutipan
Kutipan sangat penting, tapi penting juga untuk diingat bahwa hanya kutipan yang pendek saja yang cocok untuk layar berukuran kecil.

Hindari kutipan yang panjang, yang bertele-tele. Pakai kutipan pendek dan memang benar-benar diperlukan.
Jadi, ambil yang bernas dan sisipkan sedemikian rupa sehingga akan ada impak secara maksimal.

7. Pilihan kata
Pilih kata secara hat-hati untuk mencegah distorsi makna di berita Anda. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan membaca berita Anda. Mungkin pembaca ada di Afrika, Afghanistan, Amerika atau Eropa.

Jadi, tulis berita yang mudah dipahami secara universal. Agar berita Anda jelas bagi pembaca global, hindari jargon atau istilah khusus dan pergunakan kata yang tidak akan disalahartikan atau disalahpahami.

8. Cek, cek, dan cek lagi
Kesalahan gampang sekali terjadi. Itu sebabnya Anda perlu mengecek berulang-ulang.

Begitu kesalahan diterbitkan, akan terlambat untuk memperbaikinya. Seluruh dunia bisa melihat kesalahan ini. Prinsipnya adalah perbaiki kesalahan sebelum diterbitkan.

9. Perbedaan dialek
Dalam bahasa apa pun Anda menulis berita, hindari dialek. Kata-kata yang Anda pakai bisa disalahpahami, baik dalam bahasa Anda sendiri maupun dalam variasi bahasa atau dialek.

Jadi, kesadaran ini perlu Anda miliki. Baca berita Anda secara cermat. Tanyakan kepada Anda sendiri, apakah orang di Indonesia atau di Malaysia akan memiliki pemahaman yang sama saat membaca berita Anda. Berita yang Anda tulis harus memiliki makna yang sama ketika dibaca oleh semua orang.

Demikian tips menulis untuk media online yang --sesuai dengan karakteristik khasnya-- berbeda dengan menulis di media konvensional (cetak).*
1 Comments for "8 Tips Menulis untuk Media Online"

Back To Top